Seminar Daring KKPK: Pandai Literasi, Anak Tumbuh Berprestasi

  • Home
  • Blog
  • Berita
  • Seminar Daring KKPK: Pandai Literasi, Anak Tumbuh Berprestasi
January 20, 2023

Seminar Daring KKPK:

Pandai Literasi, Anak Tumbuh Berprestasi

Dalam rangka memperingati Bulan Bahasa, Kecil-Kecil Punya Karya mengadakan seminar daring bertajuk “Pandai Literasi, Anak Tumbuh Berprestasi” dengan mengundang dua narasumber inspiratif, yaitu Iwok Abqary (penulis dan orangtua penulis KKPK) dan Sri Izzati (penulis pertama KKPK). Selain mengetahui pengalaman kedua narasumber dalam menumbuhkembangkan kemampuan literasi, Ayah dan Bunda juga dapat mengetahui rahasia di balik kesuksesan dan prestasi mereka di bidang literasi.

Pandai Literasi, Anak Tumbuh Berprestasi

(Foto: Poster Seminar Daring KKPK. Sumber: KKPK Mizan)

Tips Menumbuhkan Literasi ala Kang Iwok

Iwok Abqary, yang biasa dipanggil Kang Iwok, mengungkapkan bahwa literasi merupakan agenda dunia yang bahkan sudah dicanangkan oleh UNESCO. Literasi sendiri dapat diartikan sebagai keterampilan nyata, khususnya keterampilan membaca dan menulis. Dengan demikian, literasi dapat ditanamkan pada kebiasaan keluarga kita sendiri.

Ada lima tips yang Kang Iwok bagikan untuk menumbuhkan kebiasaan literasi pada keluarganya. Mari kita simak bersama.

  1. Membaca Dongeng Sebelum Tidur

Selain membangun kebiasaan membaca pada anak, kegiatan mendongeng ini dapat membangun kedekatan emosional antara orangtua dan anak.

  1. Family Quality Time

Meluangkan waktu khusus untuk berkegiatan bersama adalah hal yang penting bagi keluarga. Untuk memperkenalkan anak pada literasi, orangtua harus memberikan contoh, misalnya dengan mengajak anak ke toko buku atau taman bacaan setiap akhir pekan.

  1. Membaca Bersama

Tips ketiga adalah mengadakan waktu membaca bersama. Ketika setiap orang sudah memiliki kebiasaan membaca dan seleranya masing-masing, salah satu cara untuk merekatkan keluarga kembali adalah dengan membaca bersama di satu ruangan.

  1. Menentukan Target

Target perlu ditentukan sebagai pendorong semangat membaca dan menulis. Target dapat berupa apa saja yang ingin Ayah dan Bunda capai ketika mengenalkan anak pada literasi sejak usia dini.

  1. Dukungan Orangtua

Dukungan dan apresiasi orangtua terhadap kemampuan anak-anak juga memiliki peran penting dalam membentuk kemampuan literasi anak. Alangkah baiknya jika orangtua tidak semata-mata menuntut anak membaca tanpa memberikan contoh yang baik. Selain itu, anak juga perlu diberi pujian setiap menyelesaikan bacaannya, apalagi jika ia justru mampu menceritakan kembali hasil bacaannya.

(Foto: cotton bro studio via pexels.com)

Untuk membangun kebiasaan literasi, Ayah dan Bunda harus memiliki akses terhadap bahan literasi itu sendiri. Namun, selain membeli buku baru di toko buku, Ayah dan Bunda dapat memanfaatkan perpustakaan dan taman bacaan masyarakat (TBM) di sekitar tempat tinggal. Jika memiliki akses internet, Ayah dan Bunda juga bisa mengunjungi situs literasi yang memberikan layanan buku gratis maupun berbayar, seperti Google Books, Let’s Read, Room to Read, Paudpedia, Gerakan Literasi Nasional, dan Ipusnas.

Sri Izzati: Menulis Sejak Dini

Tak berbeda dengan Kang Iwok, Kak Izzati pun rupanya memiliki kebiasaan yang sama di keluarganya. Lingkungan keluarga sangat mendukungnya menumbuhkan kecintaan terhadap buku, hingga membuatnya mampu membaca dan menulis sejak sangat dini. Kak Izzati mulai menulis karyanya sendiri sejak berusia 5 tahun, dan pada usianya yang baru 8 tahun, ia berhasil meraih Rekor MURI sebagai Penulis Termuda (2004), dengan karya pertamanya yang berjudul Kado untuk Ummi (DAR! Mizan, 2003).

Karya-karya Kak Izzati mampu membuatnya memenangkan berbagai penghargaan bergengsi, beberapa di antaranya adalah Islamic Book Fair Award (2009) dan Jakarta Book Fair Award (2011), hingga ia pun dianugerahi sebagai Duta Bahasa Jawa Barat tahun 2016.

Kecintaannya pada literasi pun mendorongnya untuk melanjutkan studi pascasarjana di bidang Fiction Writing dan mendapat gelar Master of Fine Art (MFA) dari Columbia University, New York melalui jalur beasiswa LPDP. Fokus studinya yang mengeksplorasi manusia dan spektrum emosi mereka tentunya dibekali dengan pengetahuannya selama berkuliah sarjana di Fakultas Psikologi Universitas Indonesia.

(Foto: Yan Krukov via pexels.com)

 

Kak Izzati menjelaskan bahwa kebiasaan membaca dan menceritakan kembali yang dilakukannya sejak kecil hingga kini adalah elemen-elemen dari literasi itu sendiri. Dengan demikian, bagi Kak Izzati, kemampuan literasi tidak hanya tentang keterampilan membaca dan menulis saja, tapi juga tentang memahami bacaan. Berdasarkan pemahamannya, Kak Izzati menjabarkan bahwa terdapat empat siklus literasi, yaitu mencari bahan bacaan, membacanya, memahami dan menganalisis bacaan, serta membuat karya sendiri.

Ketika Ayah dan Bunda memberikan bahan bacaan yang tepat atau memberikan keleluasaan bagi anak-anak untuk memilih bahan bacaan sesuai usianya, mereka akan terus membacanya tanpa paksaan. Pada saat itu, mereka pun memiliki berbagai ide dalam kepalanya. Meski pada mulanya tidak runut dan tanpa makna, Ayah dan Bunda dapat mendorong anak untuk menuangkan ide-idenya ke dalam buku diari, misalnya. Oleh karenanya, menulis adalah sebuah proses.

Leave a comment

Related Posts

Mencari Penulis sampai ke Kalimantan Timur
Mencari Penulis sampai ke Kalimantan Timur Kak Vicky, Editor KKPK, Berfoto Bersama para Peserta Kelas Kepenulisan KKPK di Samarinda  (Dokumentasi: KKPK Mizan) Pada 26 November…
Read More
Serunya Launching Komik dan Workshop Menulis di SD 2 Muhammadiyah Karangpawitan, Garut
Serunya Launching Komik dan Workshop Menulis di SD 2 Muhammadiyah Karangpawitan, Garut Para Penulis, Guru, Kepala Sekolah, Orangtua Penulis, dan Tim KKPK Berfoto Bersama di…
Read More
Roadshow KKPK dan Kidspreneur Community: I’m Ready to be a Writer!
Poster Acara Kelas Kepenulisan KKPK x Kidspreneur Community Sumber: Dokumentasi Kidspreneur Community Halo, Sahabat KKPK! Pada hari Jumat, 21 dan 28 Juli 2023, Tim KKPK…
Read More
Ikutan Roadshow KKPK, Bisa Jadi Penulis Cilik!
Profil Penulis KKPK, Daiva Khayra Prestian Sumber: Dokumentasi KKPK Mizan Halo, Sahabat KKPK! Kamu tahu enggak, kalau KKPK sudah menerbitkan buku hasil Roadshow KKPK di…
Read More
Roadshow KKPK di Festival Citylink: Dapat Ilmu dan Ketemu Banyak Teman Baru!
Roadshow KKPK di Festival Citylink, Bandung Sumber: Dokumentasi KKPK Mizan Halo, Sahabat KKPK! Pada hari Sabtu, 15 Juli 2023, Tim KKPK mengadakan roadshow di mal…
Read More
Keren! Apresiasi untuk Peserta Terbaik Roadshow KKPK di Garut
Keren! Apresiasi untuk Peserta Terbaik Roadshow KKPK di Garut Kegiatan Roadshow KKPK di SD 2 Muhammadiyah Karangpawitan, Garut Sumber: Dokumentasi KKPK Mizan Hai, Sahabat KKPK! …
Read More